19.11

Awasi Tontonan Anak Kita


Ngeri ya bu mendengar berita masa lalu dari media massa/elektronik mengenai vcd film kartun yang ditengahnya dijejali/ditambahi adegan porno. Sungguh mengejutkan dan membuat kita marah apabila terjadi disekitar kita. Berikut ini saya akan membagi sedikit tips cara memproteksi anak demi kebaikan mereka juga.

Tips:
Ketika anda membelikan vcd film anak/mendapat hadiah dari orang lain, sebaiknya anda tonton terlebih dahulu untuk mengecek "benarkah itu baik untuk ditonton anak kita"

Jangan membiarkan anak kita membeli sendiri/menyewa sendiri vcd film, kita sebagai orang tua sebaiknya juga menjadi consultan anak kita dalam memilih filmnya (hitung-hitung belajar menjadi consultan hebat ya bu..hihihi)

Batasi uang saku anak anda. Siapkan celengan terbuat dari gerabah. Tanyakan setiap sepulang sekolah/bermain "berapa sisa uang sakumu nak?". Ketika anda tahu bahwa ada sisa, beri anak dorongan untuk memasukkan sisa uang kedalam celengan gerabah. Kenapa saya anjurkan celengan gerabah? Anak-anak belum tentu dapat membuat lubang kecil yang rapi untuk mengambil uangnya sendiri. Jika ia tidak hati-hati, bisa pecah semuanya. Anda bisa menanyakan kemana uangnya jika celengan sudah pecah. Anda semakin dapat mengontrol anak karena bukti tersebut sudah jelas bahwa si anak telah mengambil uangnya sendiri.

Dampingi anak kita saat menonton film. Jika kita tidak bisa mendapingi karena ibu bekerja, buat kesepakatan dengan tetangga/keluarga lain. Atau anda bisa menyiapkan filmnya di meja agar anak-anak dapat menyaksikan kapan saja bersama teman-temannya.

Nah, semoga beberapa tips tersebut dapat membantu anda ya bu. Kalau posting saya yang dahulu adalah proteksi anak dari internet. Sekarang proteksi anak dari tontonan film. Besok saya akan mengulas mengenai proteksi anak dari buku yang dia baca. Oke, sampaikan tips ini kepada sahabat anda ya. ^_^

0 komentar: