01.20

Percaya Diri Berbicara Dihadapan Banyak Orang

Halo ibuuuu.
Siapakah diantara ibu sekalian yang gugup kalau berbicara dengan banyak orang dalam kondisi ibu harus mempresentasikan sesuatu. Hmmmm, sebenarnya ketika ibu sedang bergosip, bercanda, ataupun curhat, itu sudah termasuk kegiatan presentasi lho bu. Cuma situasi dan kondisinya berbeda. Nah, untuk mengatasi kegugupan kita semua....saya memiliki beberapa tips. Semoga tips ini dapat membantu ibu ya.
  1. Berbicara dengan cermin. Dengan belajar berbicara dihadapan cermin, diharapkan ibu tidak malu dengan pantulan diri sendiri. Kalau ibu sudah lulus tips yang ini, lanjut ke tips selanjutnya.
  2. Belajar guru-guruan dengan anak. Baru saja melatih diri menjadi guru didepan anak kok ibu sudah malu. hehehehe. Jangan takut diejek anak ya bu. Itu sebuah tantangan lo. Kalau sudah lulus tips yang kedua ini, lanjut ke tips yang ketiga ya bu.
  3. Mulai berbicara dengan tetangga. Coba berbagi tips, dan resep masakan/minum (yg diambil dari blog saya ini....hihihih). Ketika berbagi tips dan resep, beranggaplah sedang berpidato dengan beribu orang (padahal cuma 1 Rt ya bu...gapapa...hihihi)
  4. Melatih ketrampilan berbicara diselingi dengan alat peraga. Nah, bagian ini yang saya suka bu, saya lebih suka berpresentasi dengan menggunaka alat peraga. Terutama program power point. Anda mau belajar power point dengan saya, bisa-bisa.....(asal ada pintu ajaib doraemon....hihihihi). Ibu bisa membuat gambar, atau dengan video, atau memperagakan hasil masakan/karya ibu. Hehehhehe, dijamin nanti ibu mahir berbicara dihadapan berjuta orang. (seperti presiden aja ya bu)

Untuk strategi sebelum berpidato/presentasi, ibu bisa berdiam diri sejenak, rilex, tarik nafas yang dalam, kemudian hembuskan. Lakukan itu 2 atau tiga kali saja. Kemudian mulai berbicara. Pada awalnya pasti akan gugup, tapi tenang bu, lama kelamaan mengalir begitu saja.
Oke, selamat mencoba ya bu....semoga sukses ^_^

0 komentar: